Sabtu, 16 Februari 2013

Kesemutan

Jangan pernah anggap remeh yang namanya kesemutan (gringgingen jowo red) jangan jangan itu awal dari kelumpuhan anda

Pernah anda tiba - tiba merasakan tangan tak bertenaga mau membuka bungkus permen atau merobek bungkus jajanan aja ndak mampu,hati-hati itu tanda-tanda dari saraf anda kejepit. itu yang aku alami 1 tahun terakhir sebelum aku kecelakaan ketimpa pohon,analisa dokter ternyata saraf saya kena bukan karena kejatuhan pohon itu tapi udah lama,ternyata itu saraf kejepit udah beberapa tahun yang lalu.tertimpa pohon itu hanya memperparah kondisi saraf saya, saya hanya bisa berpesan hati-hati saat menekuk leher apalagi yang suka banget dengan pijat awas tulang belakang anda.



Penyebab & gejala saraf terjepit

sering terjadi pada daerah perbatasan antara ruas tulang belakang yang banyak bergerak dengan ruas tulang belakang yang tidak dapat bergerak, Daerah ini merupakan daerah yang paling banyak mendapat beban mekanik sehingga cepat mengalami penuaan dan kehilangan elastisitas. Akibatnya dapat terjadi penonjolan bantalan antar ruas tulang belakang yang menekan / menjepit saraf. Faktor yang memudahkan terjadinya proses penuaan meliputi merokok, faktor keturunan / genetik, sikap tubuh yang tidak tepat, dan beban benturan terutama yang berulang. Ruas tulang belakang yang paling sering terkena adalah ruas leher bawah dan ruas pinggang bawah.

gejala dan pertanda bergantung pada ruas tulang belakang yang terkena dan berat ringanya penekanan yang terjadi. saraf terjepit pada ruas leher akan menyebabkan rasa nyeri atau pegel pada leher atau bahu yang menyebar ke lengan. Rasa nyeri dapat bertambah saat batuk atau bersin. Gejala lain meliputi rasa kesemutan rasa tebal yang menyebar ke lengan, pada gejala yang berat akan kesulitan mengangkat lengan seperti gerakan menyisir rambut atau mengancing baju. Pada keadaan yang lebih berat kelumpuhan akan diikuti lengan sisi lain dan kedua tungkai. Untuk memastikan diagnose dan beratnya penyakit diperlukan pemeriksaan lengkap yaitu pemeriksaan rontgen tulang leher atau pinggang Scan atau MRI. Pemeriksaan MRI lebih menguntungkan karena dapat melihat struktur jaringan lunak seperti jaringan saraf.

Pengobatan

Pengobatan saraf terjepit meliputi pengobatan medika atau pemberian obat-obatan, fisioterapi dan operasi, Sebagian besar (70%) yang baru pertama kali dan belum merusak saraf tidak memerlukan operasi. Pada kasus ini diberikan obat penghilang nyeri, penyembuh radang dan fisioterapi selama 3 sampai 6 bulan. Bila keluhan menetap atau bertambah berat dipertimbangkan unruk operasi. Alternatig pengobatan pada kondisi ini adalah blok saraf. (penyuntikan obat anti radangf dan atau anti nyeri ke saraf yang terjepit)

akibat saraf kejepit itu sangat fatal sekali dan inilah yang Om Bass rasakan:
  1. hilang saraf rasa, rasa tebal
  2. hilang tenaga
  3. sulit untuk bergrak
  4. otot leher terasa kaku
  5. terasa perih panas juga seperti terbakar
Om Bass

0 komentar:

Posting Komentar