Sabtu, 02 Maret 2013

TATA PERGAULAN

1.    Pengertian TATA PERGAULAN

        Tata Pergaulan adalah suatu peraturan atau tata cara bergaul. Tata cara bergaul biasanya bukan suatu tata cara yang dibuat secara tertulis, ataupun suatu keputusan mengenai itu. Tata Pergaulan biasanya berbentuk tata cara kebiasaan setempat atau hukum / kebiasaan turun temurun (Hukum Adat). Tata Pergaulan merupakan norma-norma kesopanan yang terdapat disegala bentuk pergaulan di masyarakat. Tata Pergaulan adalah suatu tata aturan yang dilaksanakan sebagai kewajiban sosial.

2.    Maksud dan Tujuan

        Mengapa perlu dibuat suatu tata cara bergaul ? Pada umumnya manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang cenderung melakukan perhubungan dengan makhluk lainnya atau biasa disebut bergaul. Siapa yang tidak mengindahkan tata cara bergaul, dia akan dianggap melakukan suatu pelanggaran dan tidak mengerti “Unggah-ungguh”, selain itu dia akan disingkiri. Sebaliknya siapa yang pandai menjalankan tata pergaulan akan mudah dan tidak canggung-canggung lagi untuk bergaul dan mendapatkan simpati dari manusia yang mengenal dan mengutamakan tata pergaulan. Tata pergaulan diperlukan dalam pergaulan antara seorang dengan orang lainnya. Jika saudara tidak bisa menyesuaikan diri dalam pergaulan masyarakat yang ada di lingkungan sendiri maupun lingkungan lain, maka anda bisa dituduh kurang pendidikan atau masih terbelakang dalam pergaulan.

        Tata pergaulan tidak akan bisa diterapkan secara baik apabila tidak mengindahkan Faktor-faktor sebagai berikut :
Þ    Kepentingan bersama
Þ    Peraturan setempat
Þ    Adat istiadat setempat

Faktor-faktor ini tidak hanya berlaku dalam masyarakat antara bangsa yang satu dengan yang lainnya, tetapi juga antara suku yang satu dengan yang lainnya, antara kampung yang satu dengan yang lainnya, antara marga yang satu dengan marga yang lain dan seterusnya. by Om Bass

0 komentar:

Posting Komentar