Jumat, 06 Juni 2014

Desa Berbasis IT atau karena GENGSI


Desa Jawik : Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur akhir - akhir ini nampak disibukkan dengan kegiatan pendampingan IT terhadap desa - desa yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro yang dipandegani oleh Relawan TIK Bojonegoro. Nampak sekali antusias para pemuda pemudi dalam mengikuti pelatihan tersebut yang dikemas dalam lomba KIM se-Kabupaten Bojonegoro.

Puluhan Desa saling berlomba membuat WEB untuk memperkenalkan Desanya ke dunia luar melalui internet. Sukarelawan di desa dengan semangat juang yang tinggi mereka  berkumpul dengan laptop didepanya untuk mendesain web, menulis berita dan apa saja dilakukan biar bisa menang dalam lomba.

Sebuah kebanggaan tentunya kalau jerih payahnya bisa menjadi juara untuk mewakili wilayahnya dalam lomba berikutnya karena sepertinya hanya sebagai juara yang diharapkan karena KIM ini dilombakan. Ibarat pepetah "Pesta sudah selesai" selesai lomba selesailah sudah aktifitas KIM tersebut.

Mampukah KIM ini terus bertahan setelah lomba itu selesai ?. itu yang layak dipikirkan bersama - sama. Karena bisa juga sebagai pemuda desa akan merasa GENGSI kalau desanya tidak punya KIM jadi sebisa mungkin mereka berusaha. Coba kita bayangkan kalau Desa berbasis IT ini menjadi program Pemerintah Kabupaten yang harus dilaksanakan oleh masing - masing Desa pasti akan berjalan sesuai harapan, karena Desa akan mendapatkan fasilitas yang lengkap sebagai penunjang untuk menjalankan program terssebut. (Bass)

0 komentar:

Posting Komentar